Emily

NED (No evidence of disease/tidak ada bukti penyakit) selama dua tahun

Emily didiagnosis menderita adenokarsinoma non-sel kecil Stadium IV saat berusia 28 tahun. Pengobatannya berakhir pada 2013 dan sekarang ia telah bebas dari kanker selama lebih dari dua tahun. Ia senang berada di luar rumah dan bepergian, dan tinggal di Southern California bersama suami dan dua anjingnya.

Anda adalah statistik Anda sendiri - Anda tidak bisa menjalani hidup Anda berdasarkan jurnal medis. Anda perlu melawan keyakinan ini dan mengetahui bahwa Anda bisa menjadi orang yang mampu bertahan.

Ini adalah pengalaman, gagasan, dan pandangan masing-masing individu yang ditampilkan di sini. Situasi Anda mungkin berbeda dan gagasan ini mungkin tidak sesuai bagi Anda.

Perjalanan Emily dengan Kanker

  • Didiagnosis menderita adenokarsinoma non-sel kecil Stadium IV pada 2012
  • Kemoterapi, operasi pneumonektomi ekstrapleura (EPP) pada Februari 2013, dan radiasi pascaoperasi
  • Sekarang, dua tahun NED (no evidence of disease/tidak ada bukti penyakit)

Kami memiliki sedikit waktu untuk memproses segala sesuatunya setelah diagnosis saya. Pada awalnya saya menjalani dua biopsi agar memiliki sampel jaringan yang cukup untuk pengujian genetik.

Jadi sambil menunggu kami bisa menyesuaikan diri dengan semuanya. Ketika tiba saatnya untuk memulai kemo, saya sudah siap. Saya ingin obat kemoterapi ada dalam tubuh saya, saya ingin membunuh kanker dan menyerangnya, dan saya merasa siap secara mental.

Kesuburan

Pada waktu antara diagnosis dan awal pengobatan, kami sempat melakukan pengobatan kesuburan. Saya merasa ini adalah hal yang sangat penting walaupun tidak banyak wanita yang diberi tahu, terutama yang menderita kanker paru, karena statistik bertahan hidup yang sangat rendah.

Tetapi saya pikir dengan meningkatnya jumlah pasien kanker paru yang masih muda, hal itu akan berubah dan kita perlu memberi tahu para wanita untuk menjaga kesuburan yang mungkin masih mereka miliki. Saya cukup beruntung ada beberapa orang yang memberi tahu saya bahwa saya perlu memeriksa hal ini, dan saya bersyukur kami memiliki waktu untuk melakukannya.

Meditasi

Dari awal kami sudah memulai meditasi dengan hipnotis yang terdengar sangat aneh. Tetapi saya mengadaptasikannya menjadi sesuatu yang berguna bagi saya.

Sekarang, setiap pagi setelah bangun tidur, saya melakukan meditasi lima menit, mencoba memberi tahu tubuh saya tentang apa yang ingin saya lakukan. Membunuh sel-sel kanker, mengidentifikasinya, dan tidak membiarkannya berkembang. Saya juga bermeditasi untuk keluarga yang ingin saya miliki dan membayangkan anak-anak saya nantinya. Bagi saya itu membuat saya seakan-akan melakukan sesuatu. Saya masih beranggapan bahwa aspek mental dari meditasi sehari-hari itu, keyakinan bahwa Anda dapat membuat perubahan sedemikian rupa, adalah sesuatu yang benar-benar membantu saya tidak hanya secara mental, tetapi juga fisik.

Pastikan selalu bahwa Anda mendapatkan cukup informasi agar Anda merasa nyaman. Sekalipun jika tiga dokter mengatakan pada Anda sesuatu yang berbeda-beda, setidaknya Anda tahu bahwa ada berbagai pilihan yang berbeda, dan Anda dapat maju dengan pilihan apa pun yang terbaik menurut Anda. Menurut saya pendapat kedua dan ketiga dan keenam sangatlah penting, dan merupakan sesuatu yang harus didapatkan oleh setiap pasien.

Emosi

Menurut saya dihadapkan pada kematian Anda sendiri pada usia 28 tahun menjadi semacam pembuka mata dan ini membuat Anda menjadi lebih mudah menerima semua hal kecil yang baik di sekitar Anda. Saya pikir emosi saya sedikit lebih terfokus, dan saya lebih fokus pada hal-hal yang penting. Saya selalu menjadi orang yang positif, tetapi setelah ini saya merasa bahwa saya lebih positif lagi, karena saya ingin menyerap segala sesuatunya dan menikmati hidup yang telah diberikan kepada saya.

Teman-teman & Keluarga

Setiap hubungan mengalami perubahan, tetapi bagi kami, sebagian besar perubahan itu adalah perubahan ke arah yang baik.

Hubungan saya dengan semua teman dan keluarga saya menjadi semakin kuat, namun orang yang berbeda menangani hal dengan cara yang berbeda pula. Sebagian orang sangat senang dapat membantu dari jauh, dan sebagian lagi ada yang langsung datang ke depan pintu rumah kami dan menanyakan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu. Dua-duanya benar-benar sangat membantu.

Banyak orang mengatakan bahwa, setelah diagnosis kanker, Anda menyadari siapa teman sejati Anda. Kami baru menyadari bahwa teman sejati kami bahkan lebih sejati dari yang kami sadari!

Mengalami kanker dan mendapat dukungan dari lingkaran teman dan keluarga telah membuat kami lebih menghargai semua orang. Bukan karena sebelumnya kita tidak menghargai mereka, tetapi cara semua orang berkumpul di sekitar kita dan mengirimi kami cinta dan dukungan semakin membuat kami benar-benar menghargainya.

Kesehatan & Kebugaran

Saya memilih berjalan untuk menjadi olahraga utama saya, dan saya juga melakukan Pilates sekarang. Pilates sangat membantu dalam mendapatkan kembali massa otot dan mobilitas saya yang hilang selama masa istirahat setelah operasi dan radiasi.

Bagi saya, kembali ke bentuk pertempuran saya - atau apa pun Anda menyebutnya - dan menggunakan olahraga untuk melakukannya adalah hal yang sangat penting. Saya ingin kembali merasa kuat, dan saya ingin tubuh saya menjadi sekuat mungkin. Bagi saya, memiliki satu paru berarti saya harus memperlambat olahraga saya dan ketahanan fisik sedikit demi sedikit. Tetapi saya pun tercengang melihat betapa banyak yang bisa saya lakukan sekarang. Kardio adalah olahraga yang sangat penting untuk memperbesar satu paru saya yang tersisa sekarang agar saya dapat melakukan berbagai hal. Awalnya sulit, namun sekarang jauh lebih mudah.

Saya ingat secara khusus hari ketika saya mampu berjalan sejauh tiga mil. Saya ingat apa saja yang bisa saya lakukan pada tahun sebelumnya (hampir tidak bisa berjalan mengelilingi blok), dan saya kagum pada kemajuan tersebut. Secara mental, sangat penting untuk melihat ke belakang dan memberi diri Anda waktu sejenak untuk mengingat di mana Anda berada sebelumnya, dan seberapa jauh kemajuan Anda sekarang.

Sekarang, saya berolahraga hampir semata-mata karena rasa bersyukur saya bahwa saya bisa melakukannya, dan karena saya mengagumi apa yang tubuh saya dapat lakukan hanya dengan satu paru.

Diet & Nutrisi

Sebanyak yang bisa saya kendalikan, saya mencoba mengendalikannya. Di rumah, sebisa mungkin saya makan makanan organik, tetapi saat kami pergi keluar dan makanannya di luar kendali saya, saya tetap akan menikmatinya.

Perjalanan

Saya minum air alkali khusus, dan setiap kali saya melakukan perjalanan, saya memastikan bahwa saya mengirim air tersebut ke tempat saya pergi sebelum sampai di sana. Dengan cara ini saya bisa menjaga rutinitas saya dan apa yang saya rasakan adalah melakukan kebaikan untuk tubuh saya saat melakukan perjalanan. Saya membawa semua vitamin dan suplemen saya serta berbagai hal yang telah kami teliti dan menurut kami dapat membantu.

Secara umum, saya baru menyadari bahwa sistem kekebalan tubuh saya sedang dibangun kembali, jadi saya harus berhati-hati agar tidak mengalami penyakit apa pun. Anda hanya perlu sedikit lebih berhati-hati. Ketika saya di pesawat, saya membawa lap pensanitasi untuk menyeka tempat duduk, sabuk pengaman, meja baki saya, dll. Saya juga selalu membawa syal yang saya gunakan untuk menutup hidung saya selama penerbangan.

Tahun lalu kami pergi ke Cancun dan kami tidak melakukan kegiatan ekstra. Saya tidak bisa melakukan apa-apa.

Jadi tahun ini, ketika kami pergi kembali ke sana untuk melihat sejauh apa yang sudah bisa saya lakukan, sangatlah luar biasa. Saya bisa memanjat puing 10 lantai, dan ini adalah pencapaian yang sangat besar bagi kami. Penting bagi saya, sepanjang perjalanan saya, terutama sejak operasi, untuk melihat kondisi saya pada saat yang sama di tahun lalu, dan saat yang sama dua tahun lalu.

Semuanya tentang pencapaian-pencapaian kecil. Kami mencoba merayakan setiap pencapaian tersebut. Sepanjang pengobatan saya, kami merayakan semuanya. Menurut saya hal tersebut sangat penting bagi aspek mental terkait apa yang pasien alami.

Hal terbesar yang harus saya pelajari adalah membiarkan diri saya menyadari bahwa saya tidak dapat melakukan semuanya. Suami saya dan saya bersikukuh bahwa prioritas saya adalah menjaga diri saya sendiri. Terkadang cucian baju tidak selesai, atau pekerjaan dan tugas-tugas rumah tidak dilakukan - namun jika Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya, dan prioritas Anda adalah kesehatan Anda, saya pikir Anda melakukan hal yang benar untuk diri Anda sendiri.

Kerja

Dulu saya bekerja di bidang keuangan, tetapi sekarang saya menjadi juru bicara untuk Bonnie J. Addario Lung Cancer Foundation dan saya juga melakukan advokasi pasien untuk mereka.

Selama diagnosis dan pengobatan saya, ada beberapa orang yang mengubah dunia kita dan memberi kita saran dan bantuan yang sangat penting. Jika saya bisa melakukan hal itu untuk orang lain, maka saya ingin menjadi orang tersebut bagi mereka. Saya tidak terlalu ingin kembali ke posisi saya sebelumnya, tetapi sejak saya didiagnosis yang saya inginkan adalah membantu orang-orang yang berada dalam situasi yang sama seperti saya. Itu adalah sesuatu yang benar-benar ingin saya lakukan sejak awal.

Saya sangat egois tentang waktu saya dan saya memastikan bahwa saya mengatur dan memprioritaskan agar kesehatan saya tetap bagus. Suatu hari, sekitar satu tahun setelah operasi, Bonnie J. Addario menghubungi saya dan bertanya apakah saya mau menjadi juru bicara mereka - saya merasa seakan-akan akhirnya saya sampai pada titik di mana saya dapat membantu dan mulai bekerja lagi, dan akhirnya saya pun menerima posisi tersebut.

Ketika saya memberikan konseling kepada pasien yang baru saja memasuki periode pengobatan dan memulai perjalanan kanker paru mereka, saya mendorong mereka untuk tetap berfokus pada diri sendiri. Bersikaplah egois - inilah saatnya Anda untuk berfokus pada diri Anda sendiri dan pengobatan Anda; Anda harus memberinya kesempatan yang terbaik untuk bekerja. Setelah Anda selesai dengan pengobatan dan bebas kanker, barulah Anda bisa berfokus membantu orang lain. Anda tidak perlu mengabaikan pasien lain, tetapi saat ini Anda perlu mencurahkan seluruh energi Anda untuk pengobatan Anda dan kesehatan Anda sendiri.

Tidur adalah hal yang sangat penting. Saya selalu mendukung pasien-pasien yang merawat diri mereka sendiri dan meluangkan waktu untuk cuti bekerja jika mereka bisa.

Sudut Pandang Emily

Bentuk tim yang benar-benar bagus di sekitar Anda - jangan merasa puas dengan perawatan yang kurang dari sempurna.

Berdasarkan pengalaman saya, hubungi Bonnie J. Addario Lung Cancer Foundation. Mereka dapat memberi Anda perhatian sesuai kebutuhan pribadi Anda, juga jawaban yang Anda butuhkan. Mereka akan menghubungkan Anda dengan dokter-dokter yang mungkin sebelumnya Anda tidak dapat mengaksesnya karena mereka mengenal dokter-dokter tersebut dan dokter-dokter ini adalah bagian dari jaringan mereka. Mereka akan memberi Anda harapan, seperti yang mereka lakukan untuk saya.

Kembali ke atas