Dann

Didiagnosis pada 2006

Dann berusia 57 tahun dan tinggal bersama keluarganya di Portland, Oregon. Ia telah menderita kanker paru selama hampir sembilan tahun.

Jangan menyerah. Ada banyak hal yang sedang terjadi saat ini - sungguh luar biasa betapa banyak peluang yang ada saat ini dibandingkan ketika saya didiagnosis sembilan tahun yang lalu. Saya telah menjalani tiga pengobatan yang berbeda, yang bahkan belum ada saat pertama kali saya didiagnosis. Ada banyak kesempatan di luar sana, dan ada banyak kesempatan untuk berkembang.

Ini adalah pengalaman, gagasan, dan pandangan masing-masing individu yang ditampilkan di sini. Situasi Anda mungkin berbeda dan gagasan ini mungkin tidak sesuai bagi Anda.

Perjalanan Dann dengan Kanker

  • Didiagnosis menderita kanker paru Stadium III pada 2006
  • Kemoterapi, kemudian operasi, kemudian kemoterapi lagi
  • NED (no evidence of disease/tidak ada bukti penyakit) antara 2007-2011
  • Didiagnosis kanker paru Stadium IV pada 2011
  • Dua siklus kemoterapi lagi
  • Terapi tertarget
  • Uji klinis

Ketika saya didiagnosis

Saya pikir saya sudah mati. Saya tidak sendirian dalam hal itu. Saat-saat yang terberat adalah beberapa hari atau beberapa minggu pertama setelah didiagnosis.

Semuanya terasa lebih mudah dibandingkan saat pertama kali didiagnosis dan membiarkannya mereda. Pada waktu itu, saya tidak memiliki cara berpikir yang positif atau sehat tentang hal tersebut. Anda perlu beberapa waktu untuk memikirkannya dan menyadari bahwa ada cara lain untuk menghadapinya, ada beberapa peluang yang datang terkait dengan kanker dan Anda bisa menggunakannya sebagai cara untuk berkembang.

Ketika satu orang dalam keluarga terkena kanker, seluruh keluarga juga terkena kanker. Tentu saja tidak secara harfiah, namun kehidupan setiap orang akan terpengaruh dan ketika Anda ingin melakukan sesuatu, Anda perlu mempertimbangkan seberapa luas dampak dari tindakan Anda tersebut.

Emosi

Penting untuk melakukan hal-hal yang menurut Anda dapat memberi Anda kontrol. Rasanya benar-benar di luar kontrol ketika mendapatkan diagnosis ini, namun masih ada beberapa hal yang dapat Anda kontrol.

Berolahraga adalah salah satunya. Olahraga dapat memperbaiki mood. Sangat bermanfaat juga untuk melakukan segala sesuatu yang dapat Anda lakukan terkait pengobatan Anda. Memilih penyedia pengobatan mana yang akan Anda gunakan, memilih siapa saja yang akan Anda libatkan dalam pengobatan.

Ada satu atau dua kesempatan di mana saya mendatangi janji temu seorang diri, dan menurut saya itu sangat membuat saya stres. Jadi memiliki teman untuk berbagi pengalaman dengan Anda adalah hal yang sangat penting.

Saya lebih banyak berpikir dan lebih memahami perasaan saya. Rasa bersyukur saya atas segala sesuatu di sekitar saya semakin tumbuh berlipat ganda. Berhenti sejenak untuk menikmati harumnya bunga bukan lagi sesuatu yang klise. Saya berhenti sejenak dan menikmati harumnya bunga, saya berhenti sejenak untuk menghargai kata-kata yang diucapkan sekretaris saya ketika saya datang atau mensyukuri terbitnya matahari di hari ini.

Ada lebih banyak hal yang saya syukuri.

Teman-teman & Keluarga

Saya telah berusaha keras untuk menjadi lebih dekat dengan mereka. Misalnya dari cucu-cucu perempuan saya, untuk hari Natal, yang saya minta adalah memiliki satu hari berdua saja dengan masing-masing dari mereka dan kami pergi keluar serta berbagi banyak kegiatan. Itulah hari yang masih saya syukuri hingga sekarang, lebih dari setahun kemudian, jadi saya meminta hal yang sama lagi untuk tahun ini dan mereka berdua sama-sama menantikannya.

Ada banyak hal yang tidak baik tentang kanker, tetapi menurut saya sekitar 95% dari itu benar-benar positif bagi saya, dan hubungan keluarga serta hubungan pertemanan merupakan bagian yang sangat penting.

Kebanyakan saya yang menjangkau mereka dan menjadi lebih jujur tentang apa yang sedang terjadi. Saya menceritakan apa yang saya takutkan, apa yang berguna untuk saya, apa harapan saya, apa pengobatan berikutnya, dan saya juga berbagi sedikit humor. Dan yang saya dapatkan dari mereka adalah cinta. Mereka memberikan kasih sayang lebih dari yang saya harapkan dan saya melihat betapa mereka peduli terhadap saya lebih dari yang saya sadari.

Beberapa hari setelah saya pertama kali didiagnosis, saya berkata kepada istri saya, "Mari kita saling berjanji untuk tidak pernah merahasiakan sesuatu, entah itu dari dokter atau apa pun yang membuat kita khawatir." Selama hampir sembilan tahun janji itu merupakan janji yang sulit ditepati, karena saya ingin melindunginya dan ia ingin melindungi saya. Tetapi setiap kali saya melakukannya, hasilnya jauh lebih baik.

Terlalu sulit untuk menghadapinya seorang diri. Anda benar-benar harus memiliki orang-orang yang Anda sayangi di sekitar Anda.

Blog saya

Mengalami nyeri fisik dan tidak bisa menghilangkannya membuat lebih sulit untuk mempertahankan agar mood tetap baik. Tetapi salah satu hal yang membantu adalah menceritakannya dengan orang lain. Hanya dengan menulis blog dan berbagi dengan orang lain, serta melempar sedikit humor, saya mulai merasa lebih baik.

Orang-orang tidak tahu betapa banyak perbedaan yang mereka buat dengan memberikan respons di blog saya. Bahkan tiga atau empat kata saja dari seseorang dapat menjadi penguat bagi saya di hari itu.

Kesehatan & Kebugaran

Saya lebih rajin memastikan bahwa saya berolahraga. Kantor saya ada di lantai tujuh dan saya naik tangga dua kali sehari. Saya telah melakukannya selama empat tahun terakhir dan saya telah melakukan 160.000 langkah selama masa itu.

Olahraga adalah bagian penting agar tubuh sehat, merasa lebih baik tentang diri Anda dan juga membuat pengobatan Anda bekerja dengan lebih baik.

Hal tersebut menjadi lebih penting sejak saya memulai pengobatan dan saat saya akan menjalani operasi. Saya telah menjalani dua operasi paru yang berbeda, dan untuk kedua operasi tersebut saya memutuskan untuk berolahraga terlebih dahulu guna menghadapi operasi. Saya ingin memastikan bahwa kondisi jantung saya sudah sebaik mungkin, dan tubuh saya lebih kuat agar saya tidak terlalu sakit berbaring di tempat tidur selama berhari-hari.

Hobi & Rekreasi

Saya suka pergi ke pertandingan bola basket. Portland Trailblazers adalah tim profesional kami. Dulu saya selalu pergi ke pertandingan mereka dengan istri saya dan sekarang saya menggunakannya sebagai kesempatan untuk lebih dekat dengan teman-teman laki-laki saya dan saya bergiliran pergi ke pertandingan dengan teman-teman dekat yang berbeda. Jadi kita memiliki waktu bersama yang lebih bermakna.

Saya memiliki banyak waktu yang bermakna bersama istri saya dan saya selalu bisa memilikinya. Ini memberi saya kesempatan untuk menjalin ikatan juga dengan orang lain.

Perjalanan

Saya pergi ke Hawaii beberapa kali dalam setahun dan saya mensyukuri saat-saat tersebut terlebih lagi sekarang ini. Liburan berarti mengisi kembali. Mengisi kembali diri Anda dan memberi Anda kesempatan untuk bercermin dan berpikir tentang hal-hal apa yang penting menurut Anda.

Kami juga berlibur ke bagian timur Amerika dan kami berusaha untuk ke sana di akhir pekan kapanpun kami bisa. Kami pergi mendaki, berenang, duduk di kolam air panas serta memikirkan hal-hal lain selain kanker.

Kerja

Saya bekerja purnawaktu. Saya bekerja di bidang real estat komersial dan salah satu hal yang benar-benar menguntungkan tentang itu adalah bahwa jadwal saya fleksibel sesuai yang saya inginkan. Jadi saya tidak perlu meminta izin atasan untuk cuti. Saya banyak bekerja dari jarak jauh sehingga sangat nyaman. Saya suka pekerjaan saya jadi saya tidak tertarik untuk pensiun.

Berhenti kerja adalah transisi yang sangat sulit bagi siapa saja, sekalipun jika Anda merencanakannya. Salah satu hal utama yang telah saya pelajari dari hal tersebut adalah pentingnya membangun struktur dan rutinitas di hari Anda. Terlebih lagi jika Anda didiagnosis menderita kanker, Anda tidak ingin menghabiskan seluruh hari Anda memikirkan kanker, Anda ingin melakukan hal lain untuk mengisi dan menyusun hari dan Anda ingin merasa bermakna.

Memberi tahu rekan-rekan kerja saya

Sangat sulit, jadi cara yang menurut saya paling sesuai untuk saya adalah mengirim email ke orang-orang yang penting bagi saya dan memberi tahu mereka tentang diagnosis saya, dan kemudian, saat mereka merespons, mereka sudah memiliki waktu untuk mempersiapkan diri.

Saya tidak harus membantu mereka dalam menghadapi sesuatu yang telah lama saya hadapi. Sejak didiagnosis pertama kali, saya belajar bagaimana menghadapinya ketika didiagnosis yang kedua kalinya, sehingga ketika saya mengirimkan berita ini ke semua orang, yang saya katakan adalah, "saya tidak ingin dikasihani, yang saya inginkan adalah dukungan dari Anda."

Dan tanggapan yang saya dapatkan dari orang-orang sangat mencerminkan hal itu. Mereka mengatakan, "Kamu harus mengalahkannya Dann!" dan berbagai jenis pesan lain yang sangat positif dan sangat bertentangan dengan, "saya turut prihatin."

Saya tidak pernah tahu ada orang yang menyukai pesan belas kasihan, "saya turut prihatin." Pesan itu benar-benar menunjukkan bahwa Anda adalah masa lalu. Bahwa Anda tidak lagi relevan, dan Anda sudah tidak ada lagi. Jadi saya pastikan bahwa saya mengarahkan percakapan saya dengan orang-orang agar mereka dapat melihat adanya harapan, karena saya melihat harapan itu dan saya ingin mereka membantu saya untuk terus melihat harapan itu.

Biasanya saya tidak merasakannya sebagai sesuatu yang berlebihan. Menurut saya hal yang terpenting adalah menunjukkan kerentanan saya, dan membiarkan orang melihat bahwa ini benar-benar sulit, tetapi inilah yang saya lakukan untuk membuatnya berhasil.

Jika Anda harus berhenti bekerja

Cari hal bermakna lain yang dapat dilakukan. Kanker adalah sebuah kesempatan, penyakit ini memberi Anda kesempatan untuk menemukan apa yang penting bagi Anda, siapakah orang-orang yang penting bagi Anda, dan untuk memastikan bahwa Anda memanfaatkan sebagian besar kesempatan itu.

Di sekitar rumah

Tidak mudah berbagi beban dengan pasangan Anda dan merasa seakan-akan Andalah yang mendapat beban ekstra tersebut. Bisa berbagi beban adalah hal yang penting dan itu adalah salah satu penyesuaian yang harus saya lakukan. Belajar bagaimana menyetujui dan menerima, dan bukan selalu mencoba dan mempertahankan keseimbangan berbagai hal.

Sudut Pandang Dann

Optimis.

Bersikaplah terbuka terhadap segala sesuatu yang datang pada Anda, karena kesempatan untuk tumbuh jauh lebih banyak dari yang bisa Anda bayangkan.

Dimulai dari memahami bagaimana pedulinya orang lain terhadap Anda. Mereka memberi tahu Anda hal-hal yang tidak akan mereka ceritakan sampai Anda mencapai sesuatu yang serius seperti ini.

Tidak hanya itu, seberapa jauh Anda bisa menyelami jiwa Anda sendiri untuk menemukan hal-hal yang penting dalam hidup Anda. Carilah kesempatan untuk tumbuh.

Kembali ke atas