Diet & Nutrisi

Berthie
ID-0873
DIDIAGNOSIS PADA 2005

Diet & Nutrisi

Menurut saya untuk pasien kanker,sebenarnya hanya satu yang tidak boleh dimakan yaitu makanan yang bagi kita rasanya tidak enak. Dan setiap orang pasti berbeda-beda untuk makanan yang tidak disukainya. Karena sebenarnya tidak ada pantangan makanan bagi pasien kanker paru. Kita boleh makan apa saja yang kita suka asalkan tidak berlebihan, karena makanan yang berlebihan itu memang tidak baik. Bagi saya, yang paling penting adalah mendapatkan asupan gizi yang sehat dan mencukupi untuk memberi saya tenaga selama menjalani terapi kanker ini.

Kebanyakan pasien kanker termasuk saya sendiri, sering merasakan kesulitan untuk makan terutama ketika sedang menjalani kemoterapi. Hal ini dikarenakan oleh rasa mual yang sering muncul ketika saya mencoba makan. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini saya selalu mendorong makanannya dengan meminum air. Karena yang penting bagi saya adalah perut tetap terisi dengan asupan makanan yang mencukupi. Walaupun memang setiap makan, saya merasa mual. Tapi justru saya terus mendorong diri saya untuk tetap makan karena saya tahu pentingnya gizi yang mencukupi untuk menjaga stamina saya selama menjalani terapi ini. Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan mencoba menghilangkan mindset kalau makan nanti bakal mual dan dengan hilangnya mindset ini rasa mual itu pun menjadi berkurang.

Pada waktu itu, ketika saya selesai dioperasi, berat badan saya sempat turun drastis. Berat saya awalnya adalah sekitar 69 kg, lalu setelah operasi berat saya turun 20 kg menjadi 49 kg. Tapi setelah saya kemoterapi, berat badan saya naik 25 kg menjadi 74 kg. Bahkan dokter saya sempat bingung kenapa berat badan saya justru naik. Saya bilang ke dokter saya kalau selama kemoterapi saya berusaha untuk hidup sehat dengan menjaga asupan makanan saya tetap bergizi dan mencukupi. Karena yang penting adalah jangan lupa untuk tetap bahagia.

Emily
NED (No evidence of disease/tidak ada bukti penyakit) selama dua tahun

Diet & Nutrisi

Sebanyak yang bisa saya kendalikan, saya mencoba mengendalikannya. Di rumah, sebisa mungkin saya makan makanan organik, tetapi saat kami pergi keluar dan makanannya di luar kendali saya, saya tetap akan menikmatinya.

George
Didiagnosis pada 2013

Diet & Nutrisi

George

Saya lebih sadar akan serat karena adanya efek pencernaan bagian bawah dari beberapa obat.

Rasa makanan menjadi masalah. Jadi jika ada perubahan maka perubahan itu adalah sekarang saya makan makanan yang sedikit lebih pedas. Entah itu baik untuk saya atau tidak, saya tidak tahu! Tetapi rasanya enak dan saya belum mengalami efek samping atau masalah yang besar karenanya.

Linda

Dokter mengatakan - terutama selama kemoterapi - semua yang bisa ia makan, apa pun yang kedengarannya enak untuknya akan ia makan. Kita perlu mendapatkan kalori. Jadi jangan merasa bersalah atas apa pun yang ingin Anda makan selama periode itu. Makan saja dan semuanya akan baik-baik saja.

Marc
Didiagnosis pada 2011

Diet & Nutrisi

Kami mengurangi makan banyak hal dan mencoba makan lebih sehat. Lebih banyak sayuran, lebih banyak buah, tidak ada roti - dan jika kita memakan roti, itu pun roti gandum utuh. Saya suka jus dengan sayuran hijau, dengan kale, bit, dan bayam; dan mencoba meningkatkan antioksidan.

Dan ini membuat perbedaan. Saya tidak mau lagi memakan semua lemak yang dulu menyumbat arteri saya.

Satu buku yang kami gunakan adalah "Cancer - Step Outside the Box" oleh Ty Bollinger. Ia cukup terkenal di dunia kanker.

Mungkin mengurangi banyak gula dan lemak adalah dua hal terbesar yang telah saya ubah. Saya tidak mengatakan bahwa saya menguranginya 100%, sesekali Anda juga harus menikmati hidup Anda saat Anda masih hidup.

Saya selalu memberi tahu semua dokter saya suplemen apa yang saya minum. Saya tidak bertanya kepada mereka apakah saya boleh meminumnya, saya hanya memberi mereka daftar dan berkata, "Dari daftar ini apa yang menurut Anda tidak boleh saya minum karena dapat mengganggu pengobatan saya?"

Richard
Didiagnosis pada 2004

Diet & Nutrisi

Saya percaya pada segala hal dengan cara yang tidak berlebihan. Tetapi saya masih mengurangi gula. Ada di pikiran saya, tetapi ada kalanya saya tidak bisa melewatkan sebungkus kacang M&M's!

Makan yang benar sangat penting. Akan lebih baik bagi tubuh saya jika saya mengurangi gula dan makan banyak buah-buahan dan sayuran.

Saya makan dengan baik, saya merasa cukup baik. Tubuh kita tidak selalu ingin makan makanan sebanyak biasanya, jadi daripada tiga kali makan besar setiap hari, saya lebih baik makan empat kali sehari, atau bahkan lima kali - kudapan - di malam hari. Ketika Anda mengalami masalah paru-paru, semakin kembung perut Anda, semakin banyak tekanan pada diafragma Anda.

Sering kali orang memanggil saya dan mengatakan kepada saya untuk mencoba ini dan itu, ini akan menyembuhkan Anda atau membuat Anda lebih baik. Dokter saya selalu berkata: "Anda dapat melakukan apa saja yang Anda inginkan, tetapi tanyakan dulu kepada saya".

Stephanie
Didiagnosis pada 2012

Diet & Nutrisi

Dulu saya adalah seorang gadis McDonaldTM, makan sedikit Happy MealTM atau saya biasa mengambil sesuatu dari kotak dan memasaknya.

Sekarang saya mencoba membuat makanan segar. Saya bahkan mencoba untuk tidak memakan ikan yang diternakkan di peternakan, saya mencoba untuk mendapatkan ikan hasil tangkapan liar.

Saya tidak makan daging merah lagi. Saya belum berubah total menjadi pemakan makanan organik - saya tidak yakin tentang itu.

Banyak orang bilang jangan makan gula. Saya belum bisa melakukannya. Dokter saya mengatakan bahwa kanker saya tidak disebabkan oleh gula, jadi nikmati saja. Dan itulah yang saya lakukan. Saya mencoba menghindari daging olahan.

Kembali ke atas