Jenis-jenis pengobatan

Tampaknya ada banyak bentuk pengobatan sebanyak jenis kanker yang ada. Namun masing-masing terapi bekerja dengan cara yang berbeda. Itu karena setiaporang-dan setiap kasus kanker - bersifat unik. Yakinlah bahwa ada tim dokter yang masing-masing spesialis di bidangnya, membantu melakukan semua yang mereka bisa untuk Anda.

Bergantung pada stadium kanker paru Anda, apa prognosisnya, dan apa preferensi Anda, tim kesehatan Anda dapat meresepkan satu atau lebih pengobatan berikut. Perlu diketahui bahwa efek samping yang tercantum di bawah ini hanyalah beberapa efek samping yang dialami. Pastikan untuk bertanya kepada tim pengobatan Anda tentang efek samping yang harus Anda ketahui bergantung pada prosedurnya.


Pembedahan

Kanker diangkat bersamaan dengan beberapa jaringan sehat yang mengelilinginya. Ada berbagai pilihan prosedur bergantung ukuran, stadium, dan penyebaran kanker. Dokter bedah dapat membuang sebagian kecil paru hingga membuang keseluruhan paru.

Efek samping:

Dapat terjadi perdarahan atau risiko infeksi. Sesak napas dapat terjadi namun dapat membaik seiring berjalannya waktu. Pertemuan dengan spesialis pernapasan, atau bernapas dapat membantu. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang efek samping dari obat spesifik yang diresepkan untuk Anda.


Kemoterapi

Pengobatan ini menggunakan satu atau lebih dari 100 obat untuk membunuh sel kanker agar tidak tumbuh. Terkadang obat ini diberikan sebelum pembedahan untuk membantu mengecilkan tumor, atau untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin Anda alami. Obat ini juga dapat digunakan setelah pembedahan untuk membunuh sel kanker yang tersisa. Kemoterapi dapat diberikan melalui mulut, atau disuntikkan ke aliran darah Anda melalui pembuluh darah. Biasanya diberikan dalam pengobatan rutin di rumah sakit, klinik atau di tempat praktik dokter selama jangka waktu tertentu. Tim pengobatan Anda akan menentukan durasi kemoterapi yang tepat.

Efek samping:

Beberapa efek sampingnya meliputi rambut rontok, tidak merasa lapar, mual/muntah, infeksi, lelah, diare, atau konstipasi. Bergantung pada obatnya, Anda dapat mengalami efek samping yang lain seperti sensitivitas terhadap panas atau dingin, rasa terbakar atau kesemutan terutama di tangan dan kaki. Sebagian besar efek samping ini akan hilang setelah terapi selesai tetapi juga dapat berlangsung lama pada sebagian orang. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang efek samping dari obat spesifik yang diresepkan untuk Anda.


Terapi Radiasi

Pengobatan ini menggunakan sinar energi yang mirip dengan sinar-x, namun dalam bentuk yang kuat dan terkonsentrasi. Terapi radiasi dapat diarahkan pada kanker dari luar tubuh atau dapat ditempatkan di dalam jarum, atau kateter, dan dipasang dalam tubuh Anda untuk membantu menyerang kanker.

Efek samping:

Radiasi ini biasanya akan hilang setelah pengobatan selesai. Efek sampingnya dapat bervariasi bergantung pada di mana dan bagaimana radiasi diberikan. Efek samping tersebut meliputi kerontokan rambut di tempat pengobatan diberikan, kelelahan, mual/muntah, dan perubahan kulit seperti ruam ringan, lecet, atau pengelupasan. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang efek samping dari obat spesifik yang diresepkan untuk Anda.


Terapi obat bertarget

Pengobatan yang lebih baru ini ditentukan oleh hasil biopsi sel-sel kanker. Tes ini disebut tes mutasi atau profil molekuler. Detail biopsi tumor memberi informasi kepada dokter tentang kemungkinan menjadikan sel-sel mutasi spesifik, atau sel abnormal sebagai target. Ada beberapa jenis terapi bertarget yang dapat digunakan. Beberapa memblokir pertumbuhan di sel sehingga sel-sel tersebut berhenti semakin besar. Yang lain memblokir persediaan darah baru yang dapat memberi makan dan menumbuhkan sel-sel kanker.

Efek samping:

Efek samping yang paling umum terjadi dari terapi bertarget ini meliputi diare, beberapa masalah hati, ruam kulit, kulit kering, perubahan kuku, masalah penyembuhan luka, dan pembekuan darah, serta tekanan darah tinggi. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang efek samping dari obat spesifik yang diresepkan untuk Anda.


Perawatan paliatif

Pengobatan paliatif membantu meringankan nyeri dan beberapa gejala pada penderita kanker, baik kanker yang diobati maupun yang tidak diobati. Terkadang pengobatan ini disalahartikan dengan hospis, atau perawatan akhir hayat. Hospis adalah perawatan paliatif jenis khusus untuk orang-orang yang kemungkinan hanya memiliki enam bulan atau kurang untuk hidup. Bukan hal yang aneh jika perawatan paliatif digunakan bersama terapi kanker lainnya sebagai pendukung. Perawatan paliatif ini dapat membuat orang lebih nyaman selama menjalani pengobatan lain. Perawatan ini dapat membantu mereka menyelesaikan pengobatan yang diresepkan oleh dokter. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang efek samping dari obat spesifik yang diresepkan untuk Anda.