Saya Telah Didiagnosis. Sekarang Apa?

Mengetahui bahwa Anda menderita kanker paru bisa begitu menakutkan. Ada banyak sekali informasi di luar sana—dari berbagai sudut pandang—mana yang harus Anda lihat terlebih dulu? Apa artinya semua itu? Berikut ini beberapa informasi yang dapat membantu Anda lebih memahami apa yang Anda hadapi dan apa yang dapat Anda alami berikutnya.


Jenis Kanker Paru

Ada dua jenis utama kanker paru:

Tipe 1 — Kanker paru non-sel kecil (non-small cell lung cancer [NSCLC]):

Sekitar 85% individu didiagnosis menderita jenis kanker paru ini. Kanker paru ini meliputi karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, dan karsinoma sel besar.

Karsinoma sel skuamosa:
Sel datar di bagian dalam jalan napas paru, biasanya ditemukan di tengah paru-paru. Sering disebabkan oleh merokok. Sekitar 25% kanker paru adalah tipe ini.
Adenokarsinoma:
Tumbuh perlahan di bagian luar paru. Tipe ini lebih sering terjadi pada wanita, bukan perokok, dan berusia muda. Sekitar 40% kanker paru adalah tipe ini.
Karsinoma sel besar:
Kanker yang tumbuh cepat yang ditemukan di mana saja pada paru. Kanker paru jenis ini sulit diobati. Sekitar 10% kanker paru adalah tipe ini.

Tipe 2 - Kanker paru sel kecil (small cell lung cancer [SCLC]):

Tipe ini jauh lebih jarang terjadi dan menyebabkan sekitar 10-15% kanker paru.


Paru-paru Anda: apa yang harus Anda ketahui

Dalam tubuh Anda, Anda memiliki paru kanan dan paru kiri. Organ-organ ini berongga agar dapat mengembang dan mengempis pada saat bernapas. Paru kanan memiliki tiga bagian, disebut "lobus." Paru kiri hanya memiliki dua lobus dan sedikit lebih kecil untuk memberi ruang bagi jantung Anda. Paru-paru dan jantung Anda dilindungi oleh sangkar rusuk Anda.

Diagram paru

Saat Anda menarik napas, udara mengalir melalui trakea, atau tenggorokan Anda. Ada struktur mirip selang kecil yang disebut bronkus ditemukan dalam paru-paru Anda. Udara dipaksa masuk dan keluar dari paru-paru oleh diafragma Anda, yang merupakan otot yang berada tepat di bawah paru-paru Anda.

Kanker paru dimulai dari sel-sel paru, dan saat berkembang maka bisa tumbuh ke struktur di sekitarnya, dan menyebar ke jaringan kecil berbentuk kacang yang disebut kelenjar getah bening yang mengelilingi bronkus. Apabila kanker paru ditemukan di kelenjar getah bening, ada kemungkinan kanker tersebut juga ditemukan di tempat lain di dalam tubuh.